Facebook ads


Facebook Ads 

Salah satu hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dari produk mereka yakni dengan cara melakukan sebuah promosi. Dan promosi juga menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap perusahaan agar produknya bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain wajib, kegiatan promosi ini juga lebih baik rutin dijalankan dalam periode waktu tertentu, baik itu satu tahun sekali ataupun bisa enam bulan sekali. Yang pada intinya, kegiatan promosi itu wajib dan rutin dalam waktu yang sudah ditentukan.


Facebook Ads
Facebook Ads

Adapun promosi sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu promosi offline dan promosi online. Namun kadang perusahaan cenderung lebih mengutamakan promosi yang dilakukan secara offline karena mereka yakini target pasarnya lebih terarah dibanding melakukan promosi secara online. Padahal di era modern ini, dimana teknologi internet sudah hampir digunakan oleh semua orang maka sangat disayangkan jika sebuah perusahaan tidak mencoba untuk melakukan promosi secara online. Selain itu, promosi secara online juga dapat menjaring cakupan pasar yang lebih luas ketimbang promosi secara offline.

Promosi online dapat dilakukan secara gratis melalui sosial media, forum, grup, dan lain sebagainya. Anda dapat memasarkan produk-produk anda dengan mudah melewati hal-hal itu. Namun untuk mencapai pasar yang lebih luas, sangat disarankan untuk anda menggunakan promosi online yang berbayar yaitu bisa menggunakan layanan FB ads.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah sebuah layanan iklan yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa dengan berbagai macam target pasar yang luas. Bahkan pengiklan juga dapat mengatur pasar yang ingin dikehendaki, misalkan jangkauan iklan tersebut hanya ditujukkan untuk orang-orang yang berada di suatu wilayah tertentu, rentan umur tertentu, hobi, jenis kelamin ataupun lainnya. Tentu dengan mengatur jangkauan pasar ini akan membuat iklan jadi lebih terarah dan sampai kepada pengguna yang diinginkan. Contohnya, jika anda ingin mempromosikan produk mengenai baju perempuan, otomatis akan sangat mustahil bagi anda untuk mempromosikan baju tersebut ke laki-laki. Maka dari itu, anda bisa mengatur jangkauan pasar berdasarkan jenis kelamin dan memilih perempuan saja yang dapat melihat iklan yang akan ditampilkan tersebut.

Iklan yang ditayangkan menggunakan layanan FB Ads hanya akan tampil di Facebook. Meskipun hanya tampil di Facebook saja, tapi seperti diketahui Facebook merupakan salah satu jejaring sosial terbesar di dunia dan telah memiliki pengguna lebih dari 1 miliar pengguna, maka rasanya tidak salah jika mempercayakan FB Ads sebagai layanan untuk mengiklankan produk atau jasa anda.

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa Facebook adalah salah satu jejaring sosial terbesar di dunia yang memiliki pengguna lebih dari 1 miliar pada tahun 2016. Jumlah tersebut tentu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Facebook tidak hanya digunakan oleh penduduk di negara-negara tertentu saja. Pasalnya Facebook sendiri hampir digunakan di seluruh negara, termasuk Indonesia yang menjadi salah satu negara yang penduduknya paling aktif menggunakan jejaring sosial ini.

Berdasarkan data yang ada, Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 54 juta penduduk aktif yang menggunakan Facebook dari 72,7 juta penduduk yang menggunakan internet di tanah air. Hal ini yang membuat Indonesia menjadi negara ke-4 dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Jika dilihat dari sisi bisnis, tentu data tersebut menjadi pasar yang potensial bagi beberapa perusahaan, sekaligus menjadi pilihan yang tepat sebagai media untuk beriklan dan memasarkan produk atau jasa yang anda miliki.

Siapa Saja yang Menggunakan FB Ads?

Layanan FB Ads ini tidak hanya digunakan oleh pengiklan kecil saja, melainkan banyak perusahaan besar yang mengandalkan FB Ads untuk keperluan Digital Marketing mereka`. Beberapa diantaranya adalah Mozilla, Microsoft, dan banyak perusahaan besar lainnya yang memilih untuk menggunakan layanan buatan Facebook ini. Bahkan menurut data yang disampaikan oleh pihak Facebook, ada sekitar 5 juta lebih perusahaan yang mengiklan menggunakan FB Ads setiap bulannya.

Bagaimana Cara Kerja FB Ads?

Yang harus dilakukan untuk memasang iklan di Facebook yaitu pengguna terlebih dulu harus memiliki halaman Fanpage. Fanpage ini dapat dibuat dengan mudah melalui Facebook. Anda juga dapat menyesuaikan visi Fanpage tersebut dibuat untuk keperluan apa saja, misalkan untuk bisnis, komunitas, dan lain-lain. Setelah Anda sudah membuat halaman fanspage, maka artinya anda sudah bisa mulai beriklan menggunakan FB Ads.

Metode Beriklan di Fb Ads

FB Ads memiliki dua jenis metode untuk beriklan, yaitu;
  • CPM (Cost per 1000 Mille), dimana pengiklan akan membayar jika iklan yang dipasang telah tayang sebanyak 1000 kali ke target yang sudah ditentukan.
  • CPC (Cost per Click), pengguna akan membayar setiap kali iklan diklik oleh pengguna dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya.

Lewat Mana Pembayaran FB Ads?

Facebook Ads telah menyediakan berbagai macam metode pembayaran agar lebih memudahkan penggunanya melakukan transaksi pembayaran untuk biaya iklan yang telah mereka pasang. Jika pengguna tidak mempunyai kartu kredit, maka pengguna bisa menggunakan kartu debet, atau visa hingga transfer bank sehingga hal ini akan memudahkan anda dalam beriklan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memilih Agensi Digital Marketing Yang Tepat

Agensi Digital Marketing   – Seiring berkembangnya teknologi, masyarakat menjadi lebih mudah update tentang informasi. Terutama informasi pr...