Sosial media marketing

Social Media Marketing

Sosial media merupakan bentuk suatu promosi melalui media digital. Sosial media digunakan untuk membangun keterikatan dengan pengguna. Sosial media memiliki fitur-fitur unik yang memungkinkan terjadinya percakapan untuk membentuk word of mouth (dari mulut ke mulut) dengan hanya mengklik tombol Share (contohnya seperti Facebook). Dengan melakukan mention atau tag kepada teman di sosial media, kita juga dapat berbagi informasi maupun opini.
Sosial media menawarkan fitur-fitur yang menarik dan bahkan dapat menjangkau lebih banyak wilayah dengan waktu yang lebih cepat ketimbang menggunakan media konvensional ataupun manual.

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Ciri Unik dari Sosial Media

  • Transparan: bersifat terbuka terhadap informasi. Sosial media bertujuan untuk menyebarkan informasi agar diketahui publik, baik itu oleh individu maupun kelompok.
  • Terdapat dialog komunikasi: semua orang dapat menjalin hubungan dan komunikasi secara interaktif dengan para followernya. Bila anda adalah pemilik sebuah bisnis, semakin cepat respon yang anda tunjukkan kepada konsumen, maka calon konsumen akan semakin menyukai produk dan pelayanan yang anda berikan.
  • Jejaring sosial: sosial media memiliki hubungan antara pengguna yang terhubung satu dengan yang lainnya serta mereka dapat saling berkomunikasi dan menjalin sebuah pertemanan. Sebuah komunitas di jejaring sosial memiliki peranan yang kuat dalam mempengaruhi audiensenya.
  • Multi opini: setiap orang bisa dapat mengungkapkan pendapatnya dan berargumentasi dengan pengguna lainnya.
  • Multi form: sosial media sangat beragam dan terdiri dari banyak channel atau kanal seperti video, portal web, media sosial dan sebagainya.
  • Media promosi online: sosial media memiliki fitur yang dapat memunculkan peluang dalam mewujudkan visi dan misi sebuah kelompok atau organisasi dalam berbisnis.

Apa itu Social Media Marketing?

Saat ini pelaku bisnis tidak hanya memiliki blog atau website namun juga memiliki akun Twitter, Facebook, Instagram dan lain – lain untuk memperkenalkan produk atau jasa dan menjalin komunikasi demi peningkatan mutu pelayanan dan penjualan mereka.

Mereka selama ini menyadari bahwa komunikasi yang baik tidak hanya terjalin melalui hubungan satu arah, namun hubungan timbal balik. Melalui sosial media yang mereka miliki, mereka dapat mengetahui hal yang sangat penting yang ingin didapat oleh konsumen mereka serta masukan yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang mereka miliki.

Mengapa Anda Harus Memiliki Sosial Media?

Setelah Anda tau mengenai social media marketing, ada beberapa alasan penting yang harus diketahui mengapa Anda perlu memiliki sosial media meskipun Anda telah memiliki website untuk berbisnis. Berikut ini adalah alasan mengapa anda membutuhkan sosial media sebagai media untuk promosi.

  • Memberitahu kepada publik bahwa Anda memiliki bisnis yang sedang dijalankan. Pemberitahuan ini bertujuan untuk menambah jumlah pengguna atau target pemasaran juga memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas dan biaya yang relatif lebih murah.
  • Melalui sosial media, Anda bisa mengetahui kesan pelanggan atas barang atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini sangat baik untuk memperoleh umpan balik yang cepat sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas layanan serta dapat mengantisipasi bila terdapat komentar negatif yang dapat merusak reputasi bisnis Anda. Anda juga dapat langsung merespon komentar positif dengan mengucapkan terima kasih karena telah menggunakan produk atau jasa Anda sehingga testimoni pelanggan dapat tersebar dan dibaca oleh calon konsumen baru.
  • Sosial media menawarkan komunikasi lebih interaktif dengan pengguna produk atau jasa Anda. Seperti yang telah disebutkan di atas, kalau Anda dapat langsung berkomunikasi dengan pengguna produk atau jasa anda secara langsung melalui fitur fitur yang ada pada sosial media, tanpa peduli di mana anda atau di mana pengguna produk atau jasa anda berada.
  • Beriklan secara konvensional lebih mahal dibanding  beriklan di sosial media. Di sosial media Anda dapat menentukan durasi waktu iklan anda, target/jangkauan dan berapa follower yang Anda inginkan sesuai budget yang dimiliki.
  • Sosial media dapat memberi Anda kemudahan untuk meluncurkan produk baru. Anda dapat mengundang pelanggan untuk mencoba produk baru tersebut sekaligus memberikan umpan balik yang dapat menarik pengguna lainnya untuk mencoba produk atau jasa yang sama. Bahkan anda dapat menawarkan hadiah khusus bila ada pengguna sebelumnya dapat mengajak pengguna baru untuk mencoba produk anda tersebut.

Jika Anda membutuhkan saran mengenai Digital Marketing, SEO, ataupun saran mengenai E-Commerce Anda bisa mengunjungi website Digital Marketing ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memilih Agensi Digital Marketing Yang Tepat

Agensi Digital Marketing   – Seiring berkembangnya teknologi, masyarakat menjadi lebih mudah update tentang informasi. Terutama informasi pr...