Instagram Ads


Instagram Ads 

Saat ini Instagram sudah menjadi platform media sosial yang sudah digunakan dan diunduh oleh hampir seluruh orang di berbagai negara. Sekarang saja pengguna Instagram sudah lebih dari 1 Milyar pengguna. Data ini dimata para pebisnis online menjadi peluang besar yang dan menguntungkan untuk memasarkan produk/jasa mereka karena dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang potensial. Dengan menyadari adanya peluang bisnis yang bisa diperoleh tersebut, IG kemudian meluncurkan suatu fitur terbaru yaitu Instagram Ads di bulan Oktober 2013. Tanpa membutuhkan waktu yang panjang, fitur ini segera dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai bagian dari strategi Digital marketing nya. 4 tahun setelah Instagram Ads rilis ke pasar, tepatnya di bulan Maret 2017, IG kini sudah memiliki lebih dari 1 juta pengguna yang aktif.


Instagram Ads
Instagram Ads

Keunggulan dari Instagram Ads

Ada berbagai alasan mengapa Instagram Ads begitu banyak dipakai oleh pelaku bisnis online. Berikut ini adalah 4 keunggulan dari Instagram Ads:

  1. Iklan yang ditampilkan oleh Instagram Ads tidak terkesan agresif seperti yang ditampilkan oleh platform medsos lainnya. Anda akan melihat iklan tersebut seperti sebuah postingan foto atau video yang biasa Anda lihat pada akun teman Anda.
  2. Instagram Ads sudah mengadopsi sistem targeting yang serupa dengan yang diterapkan oleh Facebook, yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mendapatkan informasi mengenai target pasar yang sespesifik mungkin yang meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, dan lain lain.
  3. Instagram Ads menyediakan jenis-jenis variasi format iklan mulai dari foto, video, dan juga carousel.
  4. Instagram Ads begitu signifikan pengaruhnya dalam upaya untuk promosi yaitu tersedianya fitur untuk meningkatkan engagement yang terdiri dari tombol seperti follow, kunjungi situs web, atau download aplikasi.
Anda pasti sudah mendengar berita yang viral di tahun 2012 di mana Facebook berhasil mengakuisisi saham IG. Akuisisi tersebut mengakibatkan seluruh pengaturan iklan yang tersedia di IG menjadi terintegrasi dengan pengaturan iklan yang ada di Facebook. Karena Instagram memiliki pengaturan iklan yang sama seperti di Facebook maka Anda dapat menggunakan fitur Power Editor yang ada di Facebook yang berfungsi untuk mengatur budgeting, scheduling, dan pengaturan lainnya yang berhubungan dengan pemasangan iklan di IG.

Jasa pembuatan website


Bagi Anda yang mungkin baru mengenal atau baru mau menggunakan Instagram Ads, ada baiknya Anda untuk memahami terlebih dahulu istilah-istilah seperti Ads Manager, Power Editor, dan Business Manager supaya Anda tidak kesulitan dalam mempromosikan produk/jasa Anda melalui Instagram Ads :
  • Ads Manager

Ads Manager adalah aplikasi iklan dari Facebook yang berfungsi untuk membuat dan mengelola iklan Anda di Facebook serta Instagram. Aplikasi ini mempunyai fitur yaitu dapat membuat iklan, menjalankan iklan, melakukan targeting, menentukan anggaran klan, menunjukkan kinerja iklan, dan menunjukkan rangkuman riwayat, serta informasi metode cara pembayaran iklan.
  • Power Editor

Power Editor adalah aplikasi iklan dari Facebook yang dirancang agar setiap pengiklan berskala besar dapat langsung membuat, mengedit, dan menerbitkan beberapa iklan sekaligus hanya dengan satu kali klik. Aplikasi ini juga memungkinkan pengiklan dapat mengontrol kampanye iklan yang mereka buat. Kemudian ada juga beberapa fitur di antaranya seperti mengelola, membuat, menduplikasi, dan mengedit banyak iklan sekaligus dari satu akun dan bisa dalam satu waktu sekaligus.

  • Business Manager

Business Manager adalah aplikasi Facebook yang biasa digunakan untuk beriklan. Satu akun Facebook bisa mempunyai beberapa Business Manager. Fitur ini mempunyai sifat good standing di mana satu Business Manager mampu memuat lebih dari 10 iklan dan Anda dapat mengelola lebih dari 1 Ads Manager.

Jenis Format yang ada di Instagram Ads

1. Image Ads - Image Ads merupakan iklan yang mengandung konten gambar. Ada beberapa persyaratan jika Anda memilih untuk beriklan dengan menggunakan gambar, yaitu format file gambarnya harus jpg atau png. Ukuran untuk gambarnya 1080 x 1080 piksel, dengan resolusi minimal 600 x 600 piksel dengan rasio 1:1.
Ukuran gambar Iklan yang bertipe landscape adalah 1200 x 628 piksel, dengan resolusi minimal adalah 600 x 600 piksel dengan rasio 1:1. Dan teks pada gambar Iklan jumlahnya kurang dari 20% dari total ukuran gambar. Panjang caption yang direkomendasikan yaitu 125 karakter dan jumlah maksimal dari caption adalah 2200 karakter.

2. Video Ads - Video Ads merupakan jenis Iklan yang mengandung konten video. Sama seperti Image Ads, iklan dalam bentuk konten video juga punya beberapa persyaratan yang harus dipatuhi yaitu format videonya harus .mp4. Aspec Ratio dari video iklan yang dibolehkan untuk ukuran landscape 1.91:1, square 1:1, atau vertical 4:5. Dengan resolusi minimalnya 600 x 315 piksel untuk landscape, 600 x 600 piksel untuk square, dan 600 x 750 piksel untuk vertical. Dan durasi maksimal 60 detik dengan ukuran file maksimal 4GB. Serta maximal frame rate videonya 30 fps.

3. Carousel Ads - Carousel Ads merupakan jenis Iklan yang mengandung 3-5 gambar yang bisa ditampilkan secara bersamaan dalam 1 iklan seperti slideshow. Pengguna IG bisa dengan mudah menggeser gambar iklan ketika mereka tertarik untuk melihatnya lebih lanjut. Ada dua jenis tipe iklan ini ada Carousel Image dan Carousel Video. Untuk Carousel Image, ketentuannya ukuran gambar 1080 x 1080 piksel, rasio gambar 1:1, panjang maksimal headline 40 karakter, panjang maksimal teks pada deskripsi adalah 90 karakter, serta panjang maksimal untuk link deskripsi 20 karakter.
Sedangkan ketentuan untuk iklan jenis Carousel Video yaitu resolusi video maksimal 1080 x 1080 piksel dan minimalnya 600 x 600 piksel, durasi video minimal 3 detik dan maksimal 60 detik, ukuran file maksimal 4GB, serta maksimal frame rate 30 fps.

4. Instagram Stories Ads
Instagram Stories Ads merupakan jenis iklan yang memungkinkan pebisnis untuk memilih beriklan dengan opsi format konten gambar dan konten video. Ketentuan untuk konten gambar yang harus dipenuhi yaitu ukuran gambar 1080 x 1920 piksel dan rasio gambar 9:16. Ketentuan untuk konten video yaitu format file video .MOV, .MP4, .GIF, dengan rasio ukuran video 9:16, dan durasi maksimal dari video 15 detik, resolusi untuk video minimal 720p, serta ukuran file video maksimal 2,3 Gigabyte.

Kesimpulan
Diera digital ini promosi secara tradisional sudah tidak efektif lagi, kebanyakan para pebisnis mengubah strateginya ke arah Digital Marketing. Karena berbisnis dengan strategi Digital Marketing bisa merambah target pasar yang lebih luas. Untuk mengetahui lebih lagi mengenai Digital Marketing silahkan Anda baca pada artikel “Digital Marketing” yang sudah saya buat sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memilih Agensi Digital Marketing Yang Tepat

Agensi Digital Marketing   – Seiring berkembangnya teknologi, masyarakat menjadi lebih mudah update tentang informasi. Terutama informasi pr...